Services

Efiling SPT 1770 OP Usahawan atau Pekerjaan Bebas di DJP Online 2017

Posted by

Efiling SPT 1770 OP Usahawan atau Pekerjaan Bebas di DJP Online 2017

Jika anda adalah seorang usahwan atau melakukan pekerjaan bebas seperti notaris, dokter, dan akuntan, atau pekerjaan lain yang mengharuskan anda mengirim SPT 1770 maka anda berada di tempat yang tepat.
Ijinkan saya bercerita sebentar. Jujur, Efiling memang keren. Anda tidak perlu antri di KPP untuk melporkan pajak. Baik SPT masa maupun tahunan.
Tutorial ini saya update di tahun 2017. Tahun ini, sebelum mengirim SPT 1770 secara online, Anda harus menginstal ESPT 1770 OP terlebih dahulu. Sayangnya, saya cukup kesulitan menemukan E SPT 1770 OP, ada websitenya di alamat berikut : http://www.pajak.go.id/content/aplikasi/16426/e-spt-tahunan-pph-1770-dan-1770s-sesuai-19pj2014 
Silahkan download di situ. Jujur, jika anda agak gaptek seperti saya, sebaiknya datang ke kantor pelayanan pajak. Minta file ESPT 1770 Op terbaru. Kalau perlu bawa laptop dan instal di situ dengan meminta bantuan petugas pajak. Menurut pengalaman saya, mereka sangat ramah dan baik hati.
Pastikan anda sudah menginstal ESPT 1770, mengisinya dengan benar dan membuat CSV. CSV adalah file yang akan kita upload ke DJP online menggunakan fasilitas efiling. File CSV tidak boleh dibuka dan direname, sekali dibuka file ini akan rusak. Apabila direname file ini akan gagal upload. Itu semua terjadi karena ada fitur encrypt di dalam file csv tadi.
Sampai artikel ini dibuat (3 Januari 2017) E SPT 1770 hanya bisa membuat CSV satu kali. Setelah itu anda tidak bisa membuat CSV lagi, kecuali minta bantuan petugas pajak, itupun cukup rumit karena harus edit flag di databasenya. Cukup rumit.
Alternatifnya, jika anda salah mengisi SPT dan terlanjur membuat CSV atau CSV anda rusak, silahkan hapus SPT Anda dan isi kembali. Jadi pastikan SPT anda terisi dengan benar.

Efiling Pajak SPT 1770 OP

Hal yang harus anda siapkan sebelum efiling adalah :
  • csv laporan anda
  • Jika ada, siapkan file PDF yang diperlukan, seperti : Surat Setoran Pajak atau Surat Setoran Elektronik untuk SPT kurang Bayar. Maksimal 1 pdf, nama file harus sama dengan nama csv, disarankan berukuran kecil
Jika semuanya sudah siap silahkan lakukan langkah berikut.
Buka browser anda dan buka djponline.pajak.go.id Masukkan NPWP dan Password. NPWP ditulis hanya angka saja, tanpa tanda baca.
Jika belum memiliki akun dan password DJP online, silahkan mendaftar terlebih dulu. Bisa langsung ke djponline.pajak.go.id/registrasi atau baca tutorial dulu di Cara Registrasi DJP Online untuk Efiling dan Ebiling
Klik salah satu tulisan efiling. Kadang tulisan efiling yang hijau ada di sebelah kanan, kadang juga ada di sebelah kiri
Klik tulisan buat SPT. Klik salah satu saja.
Ads By Google
Jawab Pertanyaan yang ada, misalnya : Apakah menjalankan usaha atau pekerjaan bebas, pilih ya. Lalu klik Upload SPT
Klik Browse file CSV, lalu pilih file CSV yang anda siapkan tadi. Jika ada file pdf, klik browse file pdf lalu arahkan (pilih) file pdf yang anda siapkan. Baca baik-baik petunjuk yang ada di kotak orange. Selanjutnya klik start upload.
Silahkan klik tulisan di sini lalu pilih email. Tahun ini DJPonline belum support mengirim kode verifikasi melalui nomor HP.
Buka email anda di tab atau window baru, catat atau copy/salin  kode verifikasi yang anda terima
Kembali ke DJP onine tadi, masukkan kode verifikasi
Jika berhasil, anda akan otomatis dibawa ke daftar SPT
Anda juga bisa mencetak tanda terima yang kirimkan ke email
Terima kasih telah melaporkan SPT 1770 anda melalui efiling pajak DJP Online.
Selanjutnya anda bisa melakukan hal berikut :
Saya butuh waktu 8 jam untuk membuat tutorial ini. Anda hanya perlu waktu 8 detik untuk membagikannya ke facebook, twitter, atau whatsapp. Yuk share artikel ini agar yang lain juga tahu, mari berbagi.


Blog, Updated at: 01.39

0 komentar:

Posting Komentar